DOMAIN WAKTU

 Kalau anda anak elektro barang kali tidak asing dengan istilah Digital Signal Processing atau biasanya dijadikan mata kuliah tersendiri dg buku referensi andalan karya Roman Kuc. Disana dijelaskan bahwa pd dasarnya sinyal apapun yg secara alami (panas, suara, cahaya, dll) berada pada domain waktu atau biasa disebut sebagai sinyal analog (Continuous Time Signal). Sehingga proses analisa yg dilakukan tidak bisa dilepaskan dari domain waktu baik secara formulasi fungsi maupun secara grafik. 


Apapun sejatinya dalam hidup tidak bisa dilepaskan dari domain waktu. Bagi mereka yg belajar tentang social science mau tidak mau harus percaya bahwa pemikiran apapun dan dari siapapun tidak bisa dilepaskan dari periodesasi pemikiran dan relevansi pemikiran yg digunakan. Mereka yg belajar sejarah dan antropologi mau tidak mau dibuat percaya bahwa  budaya memiliki sifat yg bertentangan dg arus zaman, begitupun bagi para suami mau tidak mau dipaksa sadar bahwa kecantikan istrinya tidak akan bisa melawan faktor usia hehehe. 


Keberadaan waktu membuat manusia sadar, bahwa banyak hal tansendental dalam hidup ini yg sukar untuk  difahami, sukar utk diprediksi, dan sukar untuk dijangkau. Keberadaan waktu yang kuantitatif, abstrak, dan filosofis memberikan pelajaran tersendiri bahwa apa yg kita punya hakikinya tidak pernah abadi, selalu dibatasi oleh dimensi waktu. 


Bagi mereka yg pernah memegang jabatan, harus belajar dan membiasakan diri untuk tidak selalu didengar, membiasakan diri utk tidak selalu memberikan perintah, dan belajar membiasakan diri untuk tidak selalu menerima hormat dr orang. Bagi para senior harus belajar bahwa ada saatnya junior tidak lagi lugu, ada saat dimana mereka akan lebih pintar dan mulai melawan. Ini keniscayaan saudaraku, namun kadang kita memang adalah makhluk-makhluk yg selalu mencoba melawan keniscayaan itu. 


Percaya atau tidak manusia adalah makhluk yg selalu mencoba melawan arus waktu. Membuat cerita tentang seorang pria mantan jendral perang yang hidup abadi dengan pedang menempel didada, memakai bedak tebal utk menutupi garis diwajah karena menua, atau mungkin bagi para pria menikah lagi demi mendapat pasangan yg lebih muda wkwkwk.


Menyadari bahwa waktu kita terbatas adalah berkah tersendiri. Dengan waktu yg terbatas kita bisa memberikan makna dr setiap peristiwa, usaha maksimal dlm setiap kesempatan, dan menyayangi dengan sepenuh hati orang-orang  terkasih.

Komentar

Postingan Populer